-->
TALI TEMALI (Cara Membuat Mata Tali / Splice Tali 12 Untai )

TALI TEMALI (Cara Membuat Mata Tali / Splice Tali 12 Untai )

loading...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Salam sejahtera. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karna sudi mengunjungi blok Maswilhuda.com . Kali ini Maswilhuda.com akan share cara membuat mata tali atau splace tali 12 untai.
Seperti mana ketahui bersama bahwanya tali adalah hal yang utama sebagai alat untuk mengangkat atau mengikat, Olehkarena itu ujung mata tali juga tidak kalah pentingnya untuk kita ketahui cara membuatnya, karena dengan adanya ujung atau mata tali pekerjaan mengikat atau mengangkat dapat dikerjakan dengan mudah.

TALI TEMALI (Cara Membuat Mata Tali / Splice Tali 12 Untai )
Langkah 1 - Ukuran Mata
Ukur ujung mata tali dari ujung tali (7) kali keliling (atau 21 kali diameter) dalam inci untuk membuat panjang tali yang kita akan place atau anyam dan buatlah 'Tanda A'. Sepertimana gambar diatas.
Kemudian bentuk ukuran mata tali melingkar sesuai yang anda inginkan untuk membuat besar kecilnya mata tali yang akan dibuat serta buatlah tanda B'. biar anda tidak bingung buatlah seperti gambar diatas.
Langkah 2 - Pemisahan Untaian Tali
Urai tali yang akan kita anyam dan jangan lupaikat masing-masing dari 12 helai tali yang diurai sepertimana terlihat pada gambar.
Hati-hati ssat mengurai tali usahakan untuk tidak menghilangkan pelintiran dari masing-masing helai tali.
Langkah 3 - Pasangkan Strands
Tali terdiri dari total 12 helai, enam (6) helai dengan putaran kiri dan enam (6) helai dengan putaran kanan.
Pilih satu untai twist kiri dan satu untai twist kanan dan rekatkan. Ulangi prosedur ini sehingga Anda telah membuat enam pasangan untai tali. Pilih untaian yang dekat satu sama lain saat menyatukan tali. Lihat gambar diatas.
Langkah 4 - Menandai Pasangan
Letakkan tali, membentuk mata. Jangan memuntir tali. Pilih tiga pasangan meruncing yang paling dekat dengan bagian tali yang berdiri dan beri tanda pada pita: masing-masing # 1, # 2, # 3. Tandai 3 pasangan lainnya # 4, # 5, # 6.
Langkah 5 - Penyisipan Untai Tali
Dengan fid, buka tali di 'Mark B' dan masukkan untai pasangan # 1, # 2, dan # 3 sepenuhnya melalui tali di sudut kanan ke sumbu tali. Setelah helai # 1, # 2, dan # 3 melewati tali, tarik masing-masing helai sehingga ujung yang ter rekat (Tanda A) menempel pada badan tali. Mungkin lebih mudah untuk melewatkan pasangan untaian melalui tali satu per satu.
Langkah 6 - Tuck Strand Awal
Perhatikan pola jalinan tali membentuk garis untaian yang berjalan sejajar dengan sumbu tali.
  1. 1. Mulai dengan untai pasangan # 1, pilih satu baris di bawah poros tali dan selipkan pasangan # 1 di atas satu untai dan di bawah dua untai. Setelah terselip, tarik kendur di untai pasangan # 1. Buat hanya satu selip.
  2. Sekarang selipkan untai pasangan # 2 dan # 3 dengan cara yang sama-dengan masing-masing pasangan, pilih baris dan selipkan masing-masing pasangan di atas satu helai dan di bawah dua helai. Tarik kendur di setiap untai.
  3. Dengan sisa untaian # 4, # 5, dan # 6, pilih baris untuk setiap pasangan dan buat satu selip. Tarik kendur di setiap pasangan.
  4. Lepaskan pita pembungkus di 'Tanda A' dan tarik perlahan namun kuat pada masing-masing pasangan untai sehingga 'Tanda A' sekarang pas di pangkal mata. (Tanda B)
  5. Sekarang lengkapi dua set tuck lagi dengan masing-masing pasangan untai yang diayam. Pastikan untuk memasukkan setiap pasangan untai ke bawah garis untai yang sama, cobalah untuk tetap memelintir pada setiap pasangan tali.
Lihat gambar diatas dan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Langkah 7 - Taper
Potong pasangan untai # 1, # 3, # 5.
Pasang pasangan untai # 2, # 4, # 6 untuk tambahan 3 tucks - pertahankan putaran dan singkirkan sisa slack.
Ikuti petunjuk gambar bila anda masih bingung.
Langkah 8 - Terakhir
Pisahkan setiap pasangan untai (# 2, # 4, # 6) menjadi 2 untai individu dan rekatkan setiap untai.
Potong satu untai di setiap pasangan meninggalkan ekor pendek yang diproyeksikan dari tuck terakhir.
Selipkan 3 untai rekaman tunggal yang tersisa selama 3 kali lipat (lebih dari satu dan dua di bawah) untuk menghilangkan kelonggaran dan menjaga putaran.
Sekarang potong helai yang masih panjang dan menyisahkan ekor pendek seuai dengan yang ditunjukkan di gambar.

Nah itulah Cara Membuat Mata Tali / Splice Tali 12 Untai, Semuga bermanfaat & bila andah masih belum jelas dengan artikel ini kunjungi versi YOUTUBE Maswilhuda.com dengan cara klik DISINI & jangan lupa untuk LIKE & SUBSCRIBE.

Semuga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments