-->
PRESEDUR DARURAT ANT-V (5 Naskah Soal Jawab UAD & UKP Prosedur Darurat Untuk ANT-V)

PRESEDUR DARURAT ANT-V (5 Naskah Soal Jawab UAD & UKP Prosedur Darurat Untuk ANT-V)

loading...
Maswilhuda.com - Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, nikmat serta karunia-Nya yang tak ternilai dan tak dapat dihitung sehingga Maswilhuda.com bisa menyusun dan menyelesaikan artikel ini. Artikel kali ini berjudul “5 Naskah Soal Jawab UAD & UKP Prosedur Darurat Untuk ANT-V

Artikel ini berisikan mengenai 5 (Lima) naskah soal dan jawaban Prosedur Darurat untuk ANT-V. Semuga dengan adanya artikel ini bagi kawan-kawan Pelaut hususnya bisa sama-sama belajar dari naskah-maskah ini sebagai bahan dasar pengetahuan untuk menghadapi UAD atau UKP diklat Pelaut.
PROSEDUR DARURAT (Naskah 1) 
1. a. Apa yang dimaksud Contingency Plans
    b. Apa maksud dan tujuan contingency plans
Jawab:
a. Contingency Plans adalah  Suatu organisasi / kelompok diatas kapal yang di buat untuk mengatasi /menanggulangi kaadaan khusu dan keadaan darurat diatas kapal
b. Maksud dan tujuan contingency plans adalah
    - agar crew kapal memiliki rasa tanggung jawap serta tugas yang pasti
    - crew kapal berada pada posisi tugas yang telah ditentukan
    - sebagai pedoman dalam menanggulangi keadaan khusus / darurat

2. a. Apa yang di maksud beached dalam keadaan darurat
    b. Apa yang di maksud stranted dalam keadaan darurat
Jawab:
a. Beached dalam keadaan darurat
    kapal yang sengaja dalam pelayaran di kandaskan dikarenakan adanya kebocoran dan pompa kapal tidak dapat menghisap sebagaimana mestinya. Dalam hal ini kapal dapat diapungkan kembali
b. Yang di maksud stranted dalam keadaan darurat
    kapal dalam suatu pelayaran tidak sengaja kandas,di karenakan kelalayan sarat berjaga dianjungan oleh seorang mualim dalam hal ini biasanya kpal sulit di apungkan
Baca juga: PROSEDUR DARURAT (ANT-IV) Naskah 3

3. a. Sebut dan jelaskan 7 pola pencarian dalam operasi sar di laut (Penjelasan dengan gambar)
    b. Gambarkan & jelaskan pola sektor dengan satu kapal
Jawab:
a. Pola segi empat membesar
Ket gambar
- Datum posisi target yang paling mungkin yang akan di selamatkan
- S : jarak antara track yang palingg berdekatan yang besarnya bergantung dari jarak pandangan meteorologi dalam mil laut
b. Pola Sektor Dengan Satu Kapal
Keterangan :
Datum : posisi target yang paling mungkin yang akan di selamatkan
120° perubahan haluan dari perjalanan awal
2 mil jarak lintasan pada setiap sektor

4. Sebutkan empat bagian pokok yang harus ada dalam organisasi penangulangan keadaan darurat (OKD)
Jawab:
4 bagian pokok yang harus ada dalam organisasi penangulangan keadaan darurat (OKD)
1. Pusat komando :
    pada waktu mengatasi keadaan darurat yang terjadi di atas kapal ada di anjungan dengan komando nakhoda / perwira senior yang bertugas melaksanakan komunikasi baik interen maupun extern, dan mengkordinir tindakan- tindakanya
2. Kelompok kesadaran darurat :
    ini harus dipimpin oleh seorang perwira, karena kelompok ini mempunyai tugas menaksir keadaan darurat yang sedang terjadi dengan cermat mungkin apakah penangulanganya memerlukan bantuan pihak2 luar atau tidak
3. Kelompok pendukung :
    kelompok pendukung harus di pimpin oleh seorang perwira atao senior rating yang memiliki rangking pengalaman dan sartifikasi, karena kelompok ini adalah kelompok yang bertugas mendukung kelompok kesadaran darurat dalam mengatasi keadaan darurat yang terjadi di aas kapal,terutama sekali dalam mempersiapkan dan mempergunakan peralatan .
4. Kelompok ahli mesin kapal :
    kelompok ini di pimpin oleh KKM dengan tugas2 mengoperasikan alat2 emergency yang dapat di pakai untuk mengatasi keadaan darurat yang terjadi diatas kapal

5. Sebutkan macam-macam alat isyarat bahaya yang dapat di pakai pada saat kapal mengalami suatu darurt
Jawab:
- Alat isyarat bahaya yang dapat di pakai pada saat kapal mengalami suatu darurt
- Semboyan letak yang di buyikan secara teruus menerus dengan selang waktu 1 menit
- Buyi - buyian yang di perdegarkan dengan alat2 isyarat kabut secara terus menerus
- Cerawat atao peluru2 cahaya
- Isyarat yang di buat oleh radio telegrafi terdiri atas kelompok SOS darri kode morse
- Isyarat yang di pancarkan mengunakan pesawat radio telephony yang terdiri atas kata mede
- Kode isyarat bendera NC g).bendera segi empat yang di bawah atao diatasnya di lengkapi dengan bola2 hitam atao bentuk yang menyerupai bola
- Lidah2 api yang dapat menyala secara terus menerus di atas kapal
- Cerawat payung / cerawat tangan yang memancarkan cahaya merah
- Isyarat asap berwarna jingga
- Isyarat alarm radio telegraf
- Isyarat alarm radio telepony m).isyarat di pancarkan oleh rabu2 radio petunjuk posisi si darurat menarik turunkan lengan2 yang terentng kesamping secara pelahan2 dan beulang2
PROSEDUR DARURAT (Naskah 2)
1. a. Tuliskan tindakan yang harus dilakukan jika terjadi keadaaan darurat dipelabuhan sesuai dengan prosedur darurat yang ada dikapal saudara?
    b. Tuliskan keuntungan dibuatnya organisasi penanggulangan darurat di kapal
Jawab:
a. Tindakan-tindakan jika terjadi di pelabuhan:
    1. Segera menghentikan segala kegiatan kapal
    2. Bunyikan General Alarm
    3. Menggerakan Organisasi Keadaan Darurat
    4. Semua CREW melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai sijil Darurat
    5. Memperhitungkan kemungkinan bahaya yang timbul
    6. Prinsip mengurangi resiko yang bertindak jika menemukan situasi bahaya
    7. Maximumkan seluruh kekuatan peralatan
    8. Melihat situasi dan keadaan bila perlu : tutup pintu kedap air (water tight door) dan pintu-pintu kebakaran otomatis ditutup
    9. Jika malam segera menyalakan lampu penerang deck
  10. Perhatikan komando/perintah pimpinan (MASTER/CH.OFF)
  11. Monitor radio dan kirim berita bahaya jika situasi semakin parah
  12. Selalu koordinasi dengan pihak pelabuhan
  13. Jika perlu : persiapan mesin untuk olah gerak untuk shifing
b. Keuntungan dibuatnya organisasi penanggulangan darurat di kapal:
    1. Tugas dan tanggung jawab tidak terlalu berat, karena dipikul bersama-sama serta berbeda-beda
    2. Tugas dan tanggung jawab dapat ditulis dengan jelas dengan demikian dapat mengurangi tindakan-tindakan yang kurang disiplin
    3. Hanya adda satu pimpinan (komando), sehingga perintah, instruksi dan lain-lain akan lebih terarah, teratur dan terpadu terhindar dari kesimpangsiuran
    4. Dapat terhindar dari hirarki fermal yang selalu ada dalam perusahaan, karena petugas dari berbagai bidang yang diperlukan semuanya sudah tergabung dalam bentuk suatu organisasi
    5. Apabila terjadi suatu kegagalan karena melaksanakan tugas yang tertentu, maka hal ini dapat segera dipelajari kembali untuk perbaikan

2. a. Tuliskan faktor-faktor yang dapat menyebabkan keadaan darurat
    b. Apa yang dapat menyebabkan terjadinya keadaan darurat
Jawab :
a. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan keadaan darurat
    1. Faktor alam :
        keadaan darurat yang disebabkan adanya cuaca buruk dan keadaan lainnya yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya
    2. Faktor manusia :
        kelalaian manusia yang dapat mengakibatkan keadaan darurat (kebakaran, tubrukan, dll)
    3. Faktor teknis :
        keadaan darurat akibat dari ketidakbaik laut-lautnya kapal sehingga kapal tidak dapat meruluskan Pelayaran dengan aman (kapal bocor, mesin rusak, dll)
b. Yang dapat menyebabkan terjadinya keadaan darurat :
    Tidak bekerjanya atau tidak normalnya suatu sistim secara prosedural atau karena diakibatkan gangguan alam.

3. a. Tuliskan apa yang dimaksud dengan “BEACHING” dan apa tujuan  dilakukan melakukan beacing tersebut ?
    b. Bagaimana memilih pantai yang baik untuk melakukan beaching tersebut ?
Jawab :
a. BEACHING
    adalah dengan sengaja mendamparkan kapal kekoci penolong ke pantai
    Tujuannya :
    - untuk mendaratkan sekoci dengan aman
    - untuk mendaratkan kapal ke pantai akibat cuaca buruk, kerusakan  mobil,   dll
b. Memilih pantai yang baik untuk melakukan Beaching
    - Memilih pantai untuk mendarat dengan perhatian kondisi dasar laut (batu, karang: sangat berbahaya)
    - Apabila dengan terpaksa memasuki daerah berbatu, karang di usahakan pada waktu pasang
    - Perkirakan kepraktisan pendaratan dan memeriksa Topografi, arus, angin dan gelombang
    - Sedapat mungkin memilih pantai yang berpasir (tidak keras) dan aman untuk pendamparan
    - Sedapat mungkin pantai tidak curam

4. Tuliskan jenis berita yang di pancarkan memalaui radio telephony atau perangkat GMDSS dan berikan penjelasannya!
Jawab :
Adapun jenis berita yang dipancarkan melalui radio telephony atau perangkat GMDSS adalah:
1. DISTRESS MASSEGE :
    Berita bahaya yang dikirm oleh kapal yang mengalami bahaya/musibah dan membutyhkan pertolongan segera dan menyebutkan kata “My Day”
2. URGENCY MASSEGE :
    Berita segera yang dikirim oleh kapal dimana berita tersebut penting untuk segera dikirim untuk keselamayan kapal, pesawat terbang dan keselamatan crew/penumpang (misal: kapal rusak, mob-orang jatuh dilaut, crew/penumpang sakit serius) dan menyebutkan kata “Pan-Pan”
3. SAFETY MASSEGE :
    Berita keamanan yang dikirim oleh kapal untuk memberitahukan seluruh kapal/station mengenai keselamatan navigasi, meteorologi warning (cuaca) dan menyebutkan kata “Security”

5. Tuliskan tindakan pendahuluan jika seseorang menemukan atau mengetahui adanya suatu keadaan darurat dan hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam keadaan darurat tersebut!
Jawab :
Tindakan pendahuluan bila ada suatu keadaan darurat yaitu:
1. Yang menemukan keadaan darurat harus membunyikan tanda bahaya
2. Laporkan keperwirajaga dan menyiapkan organisasi keadaan darurat
3. Yang berada dilokasi segera mengambil tindakan untuk mengendalikan keadaan sampai diambil alih oleh organisasi keadaan darurat
4. Setiap orang harus tau dimana tempatnya dan apa tugas
PROSEDUR DARURAT (Naskah 3)
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan;
    a. Prosedur darurat
    b. Keadan darurat
    c. Prosedur keadaan darurat
Jawab :
a. Prosedur darurat (devinisi) 
    adalah suatu tat cara atau pedoman kerja yg hrs diikuti dlm melaksanakan suatu kegiatan agar mendapat hasil yg baik.
b. Keadaan darurat 
    adalah keadaan lain dr pd keadaan normal yg mempunyai kecendrungan / potensi singkat yg membahayakan, baik keselamatan manusia, harta benda, maupun lingkungan.
c. Prosedur keadaan darurat
    adalah tata cara/pedoman kerja dlm menanggulangi keadaan darurat & maksud untuk mencegah mengurangi kerugian lebih lanjut / semakin beasar

2. a. Sebutkan jenis-jenis prosedur keadaan darurat
    b. Sebutkan jenis-jenis keadaan darurat
Jawab :
a. Jenis2 prosedur keadaan darurat
    - Prosedur intem (lokal) ini merupakan pedoman pelaksanaan untuk masing2 bagian / department dgn pengertian keadaan darurat yg bersangkutan, tampa melibatkan kpl2 / usaha pelabuhan setempat
    - prosedur umum (utama) Merupakan secara kesuluruhan & telah menyangkut keadaan darurat yg cukup besar / paling tdk dpt membahayakan kpl2 lain atau dermaga?Terminal.
b. Jenis2 keadaan darurat yg sering terjadi di atas kpl
    - Tubrukan, yaitu bisa dgn kpl, dermaga / benda lain yg dapat menimbulkan kerusakan, korban manusia, tumpahan minyakdi laut, pencemaran & kebakaran
    - Kandas, yaitu didahuli dgn tanda2 putaran baling2 yg terasa beart, asap cerobong tiba2 hitam, badan kapal terasa bergetar, kecepatan berubah & kemudian berhenti mendadak
    - Kebakaran, yaitu dpt terjadi di berbagai lokasi yg rawan terhadap kebakaran, kamar mesin, ruang muatan, gudang, instansi listrik, dll
    - Kebocoran/tenggelam, yaitu dpt terjadi karena tubrukan, kebakaran, karat, dll yg kalau tdk segera diatasi kpl akan tenggelam
    - Orang jatuh kelaut, yaitu suatu bentuk kecelakaan yg membuat situasi menjadi darurat
    - Pencemaran, yaitu karena buangan sampah, tumpahan minyak waktu bunker, membuang ballas lebih dr 15 PPM, muatan kpl tangker yg tumpah kelaut akibat tubrukan/kebocoran

3. Bagaimana tindakan saudara bila terjadi :
    a. Tubrukan
    b. Kandas
    c. Orang jatuh kelaut
Jawab :
a. Tindakan yg hrs dilakukan pada keadaan darurat kpl tubrukan
    - bunyikan sirine (emergency stop)
    - menggerakkan kapal sedemikian rupa untuk mengurangi tubrukan
    - pintu pintu kedap air dan pintu kebakaran otomatis ditutup
    - lampu lampu dek dinyalakan
    - nakhoda diberitahu
    - kamar mesin di beritahu
    - VHF dipindah ke channel 16
    - posisi kapal ada di ruang radio dan diperbaharui bila ada perubahan
    - setelah tubrukan got got dan tanki tangki di ukur
b. Tindakan yg harus dilakukan pada keadaan darurat kpl kandas
    - Stop mesin
    - Bunyikan siren bahaya
    - Pintu2 kedap air di tutup
    - Nakhoda / KKM diberitahu.
    - VHF dipindah kechanel 16.
    - Tanda2 kpl kandas dibunyikan.
    - Lampu & sosok benda diperlihatkan.
    - Got2 & tangki2 diukur / sounding.
    - Kedalaman laut disekitar kpl diukur.
    - Posisi kpl diperbaharui bila ada perubahan.
c. Tindakan yg hrs dilakukan jika terjadi orang jatuh kelaut (Man Overboard): 
    - Lemparkan pelampung yg sudah dilengkapi dgn lampu apung & asap kedekat org yg jatuh
    - Usahakan org yg jatuh terhindar dr benturan kpl & baling2
    - Pss & letak pelampung diamati
    - Tugaskan seseorang untuk mengamati org yg jatuh agar terlihat
    - Bunyikan suling panjang & ulangi sesuai kebutuhan
    - Nakhoda diberi tahu
    - Letak / pss kpl relative terhadap org yg jatuh di plot pss kpl tersedia dikamar radio & diperbaharui bila ada perubahan

4. a. Apakah maksud & tujuan dibentuk organisasi keadaan darurat ?
    b. Ada 4 (empat) petunjuk perencanaan yang perlu diikuti dalam keadaan darurat ! sebutkan ?
Jawab :
a. Maksud & tujuan dibuatnya organi sasi keadaan darura 
    - Menghidupkan tanda bahaya 
    - Menemukan dan menaksir besarnya kejadian dan kemungkinan bahayanya 
    - Mengorganisasi tenaga dan peralatan
b. Petunjuk perencanaan organisasi keadaan darurat 
    - Pusat komando → kelompok yg mengontrol kegiatan dibawah pimpinan nakhoda.
    - Satuan kesadaran darurat → kelompok dibwh senior yg dpt menaksir keadaan.
    - Satuan pendukung → Klmpk pendukung ini dibwh seorang perwira hrs siap membantu klmpk induk dgn perintah pusat komando.
    - Klmpk ahli mesin → Klmpk dibwh pendukung engeneer dan seneor engeneer.

5. Apakah keuntungan dibuatkannya organisasi penanggulangan keadaan darurat !, sebutkan
Jawab :
Keuntungan dibuatnya organisasi keadaan darurat
- Dpt menguasai keadaan (Under control)
- Dgn adanya organisasi keadaan darurat maka semua merasa saling terkait
- Tugas dan tgg jwbx tdk terlalu berat krna dipikul bersama2.
- Tugas & ttg jwb dpt ditulis dg jls sehingga mengurangi tindakan2 yg krg disiplin.
- Hanya ada 1 pemimpin (komando).
- Dpt terhindar dri hambatan hirarki formal yg selalu ada dlm perusahaan.
- Apabila terjadi suatu kegagalan krn melaksanakan tgs tertentu, maka  hal ini dpt segera dipelajari kembali utk perbaikan.
PROSEDUR DARURAT (Naskah 4)
1. a. Apakah mamfaat dari pola penanggulangan keadaan darurat ?
    b. Sebutkan langkah-langkah penataan keadaan darurat ?
Jawab :
a. Mamfaat memahami pola penanggulangan darurat
    - Mencegah (menghilangkan) kemungkinan kerusakan akibat meluasnya kejadian darurat itu.
    - Memperkecil kerusakan2 materi dan lingkungan, dan dpt  menguasai keadaan (under control).
    - Dpt menguasai keadaan (under control)
b. Langkah2 untuk mengantisipasi penanggulangan keadaan darurat
    a. Pendataan:
       @ Langkah2 pendataan:
           - Tingkat kerusakan kpl
           - Gangguan keselamatan kpl
           - Keselamatan manusia
           - Kondisi muatan 
           - Pengaruh muatan
           - Pengaruh kerusakan pd lingkungan
    b. Peralatan
        @ Peralatan yg digunakan:
            - Breathing apparatus
            - Fireman out fit
            - Alarm komukasi
            - Alarm
            - Tandu
       @ Mekanisme kerja:

2. a. Sebutkan sarana & prasarana yg akan digunakan disesuaikan dengan keadaan darurat
    b. Sebutkan mekanisme kerja tata kerja / tata cara yg diambil dalam keadaan darurat !
Jawab :
a. Sarana & prasarana yg akan digunakan sesuai dgn keadaan darurat
    - Breathing apparatus
    - Fireman out fit
    - Alat komunikasi
    - Alarm
    - Tandu
b. Mikanisme kerja / tata cara & tindakan mikanisme kerja
    - Persiapan, yaitu langkah langkah persiapan yang diperlukan dalam menangani keadaan darurat tsb berdasarkan jenis dan kejadiannya
    - Prosedur praktis dari penanganan kejadian yang harus diikuti dari beberap kegiatan atau bagian secara terpadu 
    - Organisasi yang solid dengan garis garis komunikasi dan tanggung jawabnya
    - Pelaksanaan berdasarkan 1,2,dan 3 secara efektif dan terpadu.

3. Sebutkan isyarat-isyrat international yg anda ketahui !
Jawab :
Isyarat2 bahaya sesuai peraturan international
Isarat bahaya dpt digunakan secara umum untuk kapal laut ialah :
- Suatu isarat letusan yang diperdengarkan dengan selang waktu 1 menit
- Bunyi yang diperdengarkan secara terus menerus oleh pesawat pemberi isarat kabut(smoke signal)
- Cerewat cerawat atau peluru cahaya yang memancarkan bintang bintang memerah yang ditembakan satu persatu dengan selang waktu yang pendek
- Isarat yg dibuat oleh radio telegraf(SOS) dlm morse
- Isarat yang dibuat oleh pesawat telephone(MAYDAY
- Kode isarat bahaya internasional yang ditunjukkan dengan NC
- Isarat yang terdiri dari bendera segiempat atau sesuatu yang menyerupai bola
- Nyala api di kapal misalnya berasal dari tong minyak dsb yang sedang menyala
- Cerawat paying/tangan yang memancarkan cahaya merah(handflare)
- Isarat asap yang menyebarkan sejumlah asap warna jingga
- Menarik menurunkan lengan-lengan yang terentang kesamping secara perlahan lahan dan berulang
- Isarat alarm radio telepgraf
- Isarat alarm radio telephone                                                         
- Isarat yang dipancarkan oleh rambu rambu radio petunjuk posisi darurat

4. Bila terjadi keadaan darurat isyarat apa yg saudara lakukan bila :
    a. Orang jatuh kelaut
    b. Meninggalkan kapal
    c. Kebakaran
Jawab :
a. Isyarat orang jatuh kelaut
    3 Tiupan panjang secara terus menerus dgn interval 10 detik
b. Isyarat meninggalkan kpl (abandon ship)
    7 tiup pendek satu tiup panjang terus menerus dgn interval 10 detik
c. Isyarat kebakaran
    Satu tiupan pendek  satu tiup panjang terus menerus dgn interval 10 detik

5. Apakah sijil kebakaran & sijil sekoci itu & apa isi dari masing-masing
Jawab :
* Sijil kebakaran
   adalah pedoman kerja dalam menanggulangi suatu keadaan darurat  Kebakaran Serta daftar nama2 crew sesuai dgn jabatan untuk melaksanakan tugasnya sesuai dgn emergency prosedur kebakaran
* Sijil sekoci
   adalah pedoman kerja dalam menanggulangi suatu keadaan darurat sesuai dgn masterlis untuk crew menempati posisi sesuai tugasnya dlm emergency skoci.
PROSEDUR DARURAT (Naskah 5)
1. Mesin-mesin / pesawat-pesawat yang di operasikan bila dalam keadaan darurat ?
Jawab :
Macam2/pesawat2 yg dpt beroprasi dlm keadaan darurat:
- Emergency steering gear
- Emergency generator
- Emergency radodi comunication
- Emergency fire pump
- Emergency Ladder
- Emergency buoy
- Emergency escape drunk
- Emergency alarm di kmr pendingin, cargo space, engine room, accomodatiaon space.

2. Sebutkan alat-alat keselamatan jiwa di laut & alat-alat kebakaran ?
Jawab :
Alat2 keselamatan jiwa dilaut meliputi
a.Life safety appliances
   - Life boat
   - Life jacket
   - Liferaft
   - Boyan apparatus
   - Life bouy
   - Line throwing gun
   - Life line
   - Emergency signal (parachute signal,red hand flare, orange smoke signal)
b. Fire fighting apparatus
    - Fmergency fire pump, fire hydrants
    - Hose dan nozzle
    - Fire extinguisher(fixed and portable)
    - Smoke detector fire detector system
    - CO2 instalation
    - Sprinkler system
    - Axes and crow bars
    - Firemans outfit and breathing apparatus
    - Sand in boxes
Perlengkapan2 pemadam kebakaran
- Breathing apharatus
- Fire man outfit
- Sarung tangan
- Hose & noxel
- Kapak kebakaran
- House box
- Co2 instalasion
- Fire extinguser 
- Emergency fire plan
- Fire hydrant

3. Apa itu boat drill & fire dill ! Jelaskan !
Jawab :
* Boat drill: Latihan utk meninggalkan kpl menggunakan sekoci & pemakaian life jacket oleh awak kpl & penumpang.
* Fire drill: Latihan utk memadamkan kebakaran & pembagian tgs awak kpl.

4. Bagaimana tindakan saudara bila terjadi
    a. Orang jatuh kelaut
    b. Kebakaran
Jawab :
a. Tindakan merlihat orang jatuh ke laut (man over board)
    1. Lemparkan pelampung yang sudah di lengkapi dengan lampu apung dan asap sedekat orang yang jatuh.
    2. Usahakan orang yg jatuh terhindar dari benturan kapal dan baling baling
    3. Posisi dan letak pelampung di amati
    4. Mengatur untuk gerak menolong gunakan metode wiliamson turn
    5. Tugaskan 1 orang untuk mengamati orang terjatuh agar tetap terlihat
    6. Bunyikan 3 suling panjang dan di ulang sesuai kebutuhan.
    7. Regu penolong siap di sekoci
    8. Nakhoda di beri tahu
    9. Letak /posisi kapal relative terhadap orang yang jatuh di plot posisi kapal tersedia di kamar radio dan di perbaharui bila ada perubahan
b. Tindakan yg dilakukan bila kapal mengalami kebakaran
    1. Bunyikan sirine bahaya
    2. Regu-regu kebakaran yg bersangkutan siap dan mengetahui likasi kebakaran.
    3. Ventilasi ,pintu pintu kebakaran otomatis,pintu pintu kedap air di tutup
    4. Lampu lampu dek dinyalakan
    5. Nakhoda di beri tahu 
    6. Kamar mesin di beri tau
    7. Posisi kapal di plot
    8. Tersedia di kamar radio dan di perbaharui bila ada perubahan.

5. Sebutkan latihan-latihan bahaya / darurat
    a. Dikapal penumpang
    b. Dikapal barang
Jawab :
LATIHAN2 SEKOCI & KEBAKARAN DIATAS KPL:
a. Kapal Penumpang :
    Latihan Sekoci : - 1X1 bulan pelayaran domestic
    - sebelum berangkat dan 1X1 minggu : pelayaran international.
    Latihan Kebakaran : - 1X1 bulan pelayaran domestic
    sebelum berangkat dan 1X1 minggu : pelayaran international
b. Kapal Barang : 
    Latihan sekoci : 1X1 bulan
    Latihan kebakaran : 1X1 bulan
    Apabila jumlah crew ¼ tidak ikut dalam latihan sebelumnya, latihan dilaksanakan dalam waktu 24 jam setelah berangkat

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai 5 Naskah Soal Jawab UAD & UKP Prosedur Darurat Untuk ANT-V, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan naskah soal jawab ini.

Maswilhuda.com banyak berharap para pembaca yang budiman dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada Maswilhuda.com demi sempurnanya soal jawab ini. Semoga artikel ini berguna bagi pelaut pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
Advertisement

Baca juga:

loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments